Jumat, 31 Mei 2013

tugas ips

Ø  Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli

1.       John Dewey                  
Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan-kecakapan fundamental secara    intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia.
2.       Ki Hajar Dewantara
Pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran, serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.
3.       Edgar Dalle                                                                  
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat,dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan, yang berlangsung di sekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat mempermainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tetap untuk masa yang akan datang.
4.       Hartoto                                    
Pendidikan adalah usaha sadar, terencana, sistematis, dan terus-menerus dalam upaya memanusiakan manusia.
5.       W.P. Napitulu                                     
Pendidikan adalah kegiatan yang secara sadar, teratur, dan terencana dalam tujuan mengubah tingkah laku ke arah yang diinginkan.



6.       Ahmad D. Marimba                              
Pendidikan adalah bimbingan secara sadar oleh si pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani si terdidik menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
7.       Thompson                                             
Pendidikan adalah pengaruh lingkungan terhadap individu untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang tetap dalam kebiasaan perilaku, pikiran dan sifatnya.
8.       M.J. Longeveled                        
Pendidikan adalah usaha , pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak agar tertuju kepada kedewasaannya, atau lebih tepatnya membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri.
9.       Carter V. Good                                                       
Pendidikan adalah proses perkembangan kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan prilaku yangberlaku dalam masyarakatnya. Proses sosial dimana seseorang dipengaruhi oleh sesuatu lingkungan yang terpimpin (khususnya di sekolah) sehingga dia dapat mencapai kecakapan sosial dan mengembangkan kepribadiannya.
10.    Menurut Prof. H. Mahmud Yunus         
Pendidikan adalah usaha-usaha yang sengaja dipilih untuk mempengaruhi dan membantu anakdengan tujuan peningkatan keilmuan, jasmani  sehingga secara bertahap dapat mengantarkansi anak kepada tujuannya yang paling tinggi. Agar si anak hidup bahagia, serta seluruh apa yang dilakukanya menjadi bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.





Ø  Definisi IPS Menurut Para Ahli
1.       Moeljono Cokrodikardjo

IPS adalah perwujudan dari suatu pendekatan interdisipliner dari ilmu sosial.Yang merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu sosial yakni sosiologi, antropologi budaya, psikologi, sejarah, geokrafi, ekonomi, ilmu politik dan ekologi manusia, yang diformulasikan untuk tujuan instruksional dengan materi dan tujuan yang disederhanakan agar mudah dipelajari (Sofa, 2010).
2.       Somantri (Sapriya:2008:9)

menyatakan IPS adalah penyederhanaan atau disiplin ilmu ilmu sosial humaniora serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan.

3.       Saidiharjo (1996:4)  

menyatakan bahwa IPS merupakan kombinasi atau hasil pemfusian atau perpaduan dari sejumlah mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, sejarah,sosiologi,politik.

4.       Mulyono Tj. (1980:8)

berpendapat bahwa IPS adalah suatu pendekatan interdisipliner (inter-disciplinary approach) dari pelajaran ilmu-ilmu soial, seperti sosiologi antropologi budaya, psikologi sosial,sejarah, geografi, ekonomi, politik, dan sebagainya.

5.       John Jarolimek (1967)

Studi Sosial merupakan bagian dari kurikulum pendidikan dasar yang materi pelajarannya terdiri dari ilmu-ilmu social seperti; Sejarah, Geografi, Ekonimi, Antropologi, Soiologi, Politik, Psykologis Sosial bahkan termasuk Ilmu Filsafat.
6.       Arthur G. Binning and David H.Binning (1982)

Studi Sosial adalah mata pelajaran yang berhubungan langsung dengan perkembangan dan organisasi masyarakat manusia dan manusia sebagai anggota dari kelompok sosial.

Ø  Definisi Pendidikan IPS (PIPS)Menurut Para Ahli


1.      Menurut  sapriya, 2008: 9
Pendidikan ips adalah penyederhanaan atau adaptasi dari disiplin ilmu sosial dan humaniora,serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasi untuk ips disajikan secara ilmiyah dan pedagogis/psikologis untuk tujuan pendidikan.pendidikan ips sebagai pendidikan disiplin ilmu mempunyai ilmu-ilmu yang mendukung ips yang berakar pada suatu bidang yang disebut filsafat.yang pada akhirnya ilmu2 pendukung tersebut akan berhulu pada ajaran agama.

2.      NomanSomantri

Memberikan penjelasan PIPS adalah suatu synthetic discipline yang berusaha untuk mengorganisasikan dan mengembangkan substansi ilmu-ilmu sosial secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan. Makna synthetic discipline, bahwa PIPS bukan sekedar mensistesiskan konsep-konsep yang relevan antara ilmu-ilmu pendidikan dan ilmu-ilmu sosial, tetapi juga mengkorelasikan dengan masalah-masalah kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan.Secara lebih tegas, bahwaPendidikan IPS memuattiga sub tujuan,yaitu; Sebagai Pendidikan Kewarganegaraan, sebagaiilmu yang konsep dan generalisasinya dalam disiplin ilmu-ilmu sosial, sebagai ilmu yang menyerap bahan pendidikan dari kehidupan nyata dalam masyarakat kemudian dikaji secara reflektif.





3.      Daljoeni (1992: 7)

PIPS yaitu sebagai ilmu pengetahuan tentang manusia di dalam kelompok yang disebut masyarakat dengan menggunakan ilmu politik, ekonomi, sejarah, geografi, sosiologi, antropologi, dansebagainya.Dengan demikian, IPS adalah ilmu-ilmu sosial yang diorganisasikan secara sistematis dan dibangun melalui penyelidikan ilmiah dan penelitian yang sudah direncanakan.
4.      DEPDIKBUD (1983)


PIPS adalah pendidikan interelasi aspek-aspek kehidupan manusia di masyarakat.Hakikatnya materi digali dari kehidupan sehari-hari yang nyata dalam kehidupan siswa dan masyarakat. PIPS merupakan  proses pengajaran yang memadukan berbagai pengetahuan sosial.